android vs ipone
android vs ipone

Perbedaan Dasar Android dan IOS

Salah satu perbedaan paling mencolok antara iPhone dan Android adalah perbedaan harga. Namun tentu bukan harga yang membedakan ponsel dan sistem operasi Android dengan ponsel iOS. Jadi apa bedanya?

Kedua sistem ini lebih populer saat ini daripada Windows Phone, BlackBerry atau sistem operasi lainnya. Sebelum membeli smartphone, pastikan Anda memahami perbedaan antara dua sistem paling populer dan memilih yang tepat.

Perbedaan Dasar Smartphone Android dan iOS
Perbedaan di bawah ini hanyalah beberapa contoh. Di luar apa yang Anda baca di sini, ada banyak hal yang membedakan ponsel Android buatan Android dengan ponsel iOS buatan Apple. Berikut 9 perbedaan iPhone dan Android dari Infocorner:

Pertama, perbedaan antara iPhone dan Android yang sedang digunakan

iOS adalah satu-satunya cara untuk menggunakannya, karena sistem operasi ini dirancang untuk digunakan dengan perangkat iPhone Apple Inc. Sementara itu, Android adalah perangkat berbasis Google yang dirancang agar kompatibel dengan berbagai perangkat seluler.

Karena kestabilan iOS, iPhone menjadi pilihan kebanyakan orang karena semua fitur dari smartphone ini terlihat simpel dan mudah digunakan. Selain itu, Apple menyesuaikan iPhone untuk peningkatannya.

IPhone mengontrol segala sesuatu yang mungkin ada di iPhone dengan sangat hati-hati dan tepat. Tidak demikian dengan Android, yang memberikan Anda kebebasan untuk melakukan apapun yang Anda inginkan di smartphone Android Anda.

2. Bedakan kemampuan berbagi data antara iPhone dan Android

Berbagi data menggunakan iPhone adalah tugas yang sulit. Misalnya, untuk menerima atau mengirim data musik, Anda harus mentransfer data melalui iTunes. iTunes juga harus diinstal di PC atau laptop Anda terlebih dahulu.

IPhone juga tidak menawarkan penggunaan teknologi Bluetooth secara internasional. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim data hanya ke pengguna iPhone. Hal ini untuk mengurangi resiko iPhone terserang virus berbahaya.

Di sisi lain, Android memang menawarkan transfer data gratis. Namun kebebasan ini membawa konsekuensi negatif bahwa ponsel Android Anda rentan terhadap malware, virus, atau ancaman lain yang mengirimkan data secara sembarangan.

3. Gunakan di Smartphone iPhone dan Android

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store telah muncul dengan kecepatan yang luar biasa. Ini berbeda dengan aplikasi yang tersedia di Apple App Store, di mana tidak semua pengembang dapat mengirimkan aplikasi mereka ke Apple App Store.

Pada ponsel cerdas Android, Anda dapat menginstal ulang aplikasi yang ditemukan di antarmuka .apk dari halaman mana pun atau membagikan aplikasi Anda dengan pengguna Android lain dan mencoba menjalankannya.

Anda tidak dapat melakukan hal yang sama pada smartphone iPhone. Jika Anda tidak mengunduh dari App Store, Anda tidak akan dapat memasang aplikasi apa pun. Anda juga tidak dapat mengubah tampilan jendela utama.

4. Kemampuan untuk mengubah tampilan pada ponsel Android dan iPhone

Faktanya, iPhone tidak mengizinkan Anda untuk mengganggu tampilan rumah Anda, baik itu perubahan tema, logo, atau foto rumah Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengubah tampilan wallpaper.

Berbeda dengan iPhone, smartphone Android memungkinkan semua pengguna untuk menyesuaikan semua yang ada di layar sesuai keinginan. Jika Anda adalah tipe orang yang cepat lelah, Anda membutuhkan smartphone Android yang memberi Anda kesempatan untuk mengganti tema.

5. Perbedaan kapasitas penyimpanan antara iPhone dan Android

Apple Inc. telah mengkonfirmasi penyimpanan dalam fitur iPhone-nya. Awalnya, iPhone hanya memiliki penyimpanan internal 8GB atau 16GB. Saat ini, iPhone sudah menawarkan penyimpanan internal 256GB.

Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang di ponsel cerdas Anda untuk mengambil video dan foto atau bermain game, iPhone adalah pilihan terbaik. Sayangnya, Anda tidak dapat menambahkan kartu memori eksternal ke iPhone Anda.

Beberapa smartphone Android juga memiliki ruang penyimpanan di dalamnya. Bedanya, Anda bisa menambah ruang penyimpanan dengan mengisinya dengan kartu memori tambahan. Menarik, bukan?

6. Ketersediaan suku cadang untuk smartphone Android dan iPhone

Suku cadang untuk iPhone seringkali sangat mahal dan sulit ditemukan. Misalnya, pengisi daya iPhone memiliki desain eksklusif yang dirancang untuk produk Apple.

Suku cadang untuk semua jenis smartphone dengan sistem operasi Android dapat dibeli di mana saja dengan harga yang jauh lebih rendah daripada suku cadang iPhone. Jika Anda lupa kabel pengisi daya Android Anda, Anda dapat meminjam kabel pengguna Android lain.

7. Integritas aplikasi iPhone lebih baik daripada Android

Satu hal yang bisa dibanggakan oleh pengguna iPhone adalah ada beragam aplikasi yang tersedia di App Store, tetapi tidak di Play Store. Tentu saja, pengguna Android hanya perlu menemukan aplikasi yang berfungsi seperti aplikasi App Store.

8. Berbagai aksesoris iPhone yang tidak tersedia di Android

Apple merupakan perusahaan smartphone yang jarang meluncurkan smartphone baru. Jadi, Anda memiliki kebebasan untuk memilih dari berbagai macam aksesori untuk iPhone favorit Anda. Misalnya, casing iPhone ada di mana-mana dan Anda dapat membelinya dengan mudah.

Smartphone Android berbeda. Setiap produsen smartphone Android memiliki beragam tipe dan model yang bisa dipilih. Hal ini dapat membuat sulit untuk menemukan aksesoris untuk lini smartphone Android terbaru Anda.

9. Perbedaan harga antara iPhone dan Android

Seperti yang Anda ketahui, semua orang kesal dengan tingginya harga yang ditetapkan Apple untuk produk iPhone-nya. Misalnya, iPhone X dengan storage 64GB saja dibanderol Rp 26,2 juta, sedangkan versi 256 GB dibanderol Rp 28,2 juta.

Namun bukan hanya harga beli iPhone yang mahal, bahkan harga iPhone bekas Anda bisa sangat mahal, karena harga iPhone tidak mudah jatuh. Smartphone Android mudah didapat karena harganya yang murah.

Namun jangan pernah lupa bahwa harga beli Android yang murah juga disertai dengan harga jual kembali yang jauh di bawah harga beli. Ini menunjukkan bagaimana penawaran iPhone eksklusif Apple dibandingkan dengan Android, yang dirancang untuk berbagai smartphone.

Setelah mengetahui semua perbedaan antara iPhone dan Android, apakah Anda sudah memutuskan smartphone mana yang akan dibeli? Pastikan Anda membeli smartphone yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Saat membeli smartphone, selalu utamakan orisinalitas dan kualitas produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.