Smartphone
Smartphone

Cara Merawat HP Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Smartphone sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini. Penggunaan HP yang berlebihan dapat membuat HP rentan terhadap kerusakan, apalagi jika digunakan dengan buruk dan sembarangan. Kerusakan smartphone dapat terjadi berupa layar retak, baterai boros, sistem operasi mulai melambat, atau sering hang saat digunakan. Tentunya untuk mencegah hal tersebut terjadi, kita harus mengetahui cara merawat hp android kita dengan baik agar bisa bertahan lama.

Apalagi, tidak ada jaminan bahwa smartphone mahal akan bertahan lebih lama dari smartphone murah. Keawetan perangkat elektronik tentunya tergantung dari penggunanya. Terkadang kita perlu mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan smartphone cepat rusak. Tujuannya agar tidak sering mengganti smartphone karena penggunaan yang tidak tepat.

Bagaimana HP mempertahankannya selamanya

Kinerja smartphone dapat menurun seiring berjalannya waktu, terutama jika sering digunakan untuk berkomunikasi, bekerja, browsing, mengakses informasi dan bersosialisasi di media. Untuk seumur hidup, berikut ini cara perawatan Android dan iPhone merk lain yang telah Qoala berikan untuk Anda sebagai informasi penting.

1. Gunakan pengisi daya asli
Bagaimana cara agar baterai ponsel Android Anda bertahan lebih lama? Salah satunya adalah dengan menggunakan charger original. Pasalnya, menggunakan charger palsu atau KW berkualitas rendah dan belum tentu memenuhi spesifikasi baterai bisa merusak smartphone.

Juga tidak disarankan untuk menggunakan bank daya secara teratur untuk mengisi daya baterai, karena panas dari bank daya dapat menyebabkan kerusakan. Bukan tidak mungkin, kendalikan saja penggunaannya, yaitu saat Anda berada dalam situasi yang sangat mendesak.

2. Bersihkan debu dari smartphone
Cara Menjaga Ponsel Android Baru Anda Lebih Lama Dengan Membersihkan Debu Dari Smartphone Anda. Debu yang mengendap di smartphone bisa membuat perangkat lebih rentan terhadap panas. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan smartphone secara rutin agar kinerjanya tidak memburuk.

Saat membersihkan ponsel cerdas Anda, gunakan kain mikrofiber atau kacamata untuk hasil terbaik. Jangan gunakan handuk kertas, karena serat mungkin tertinggal di smartphone. Tidak hanya dapat membersihkan debu di layar, tetapi juga membersihkan debu di dalam komponen.

3. Pilih casing smartphone yang tepat
Banyaknya aksesoris/charge smartphone di pasaran terkadang membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik. Siapa sangka pemilihan aksesoris HP juga berdampak pada daya tahan sebuah smartphone.

Aksesori smartphone asli telah disesuaikan dengan bentuk dan spesifikasi HP untuk kenyamanan lebih. Hanya penggunaan aksesori yang bisa membuat ponsel cepat panas. Jadi sebaiknya Anda bijak memilih aksesoris yang bisa mengeluarkan panas.

Jika Anda menggunakan aksesori yang kesulitan membuang panas, Anda dapat melepasnya saat mengisi daya baterai. Tujuannya agar HP tidak panas. Cara merawat ponsel Android Anda dengan benar patut dipertimbangkan, terutama jika Anda suka mengganti aksesori.

4. Hindari menggunakan ponsel cerdas Anda di tempat yang panas
Jika Anda menikmati aktivitas di luar ruangan, hindari menggunakan ponsel cerdas Anda di area terbuka yang sangat panas. Suhu yang disarankan untuk menggunakan smartphone adalah 16 hingga 30 derajat Celcius. Prosedur cara merawat ponsel untuk menjaga keawetan tulisan di kotak smartphone juga umumnya disarankan agar ponsel tidak terkena sinar matahari langsung dan luka bakar.

Sehingga Anda dapat menyimpan/menggunakan smartphone Anda di tempat yang relatif aman. Ruangan tertutup dengan suhu normal mempertahankan kinerja dan kinerja smartphone dibandingkan dengan paparan sinar matahari normal.

5. Isi daya berdasarkan takaran
Cara lain untuk merawat ponsel Anda adalah dengan mengisi daya sesuai kebutuhan. Jangan mengisi daya hingga 100% agar baterai smartphone bisa bertahan lama. Mengapa demikian? Pasalnya, baterai smartphone berbahan lithium-ion (Li-on) berkurang kapasitasnya saat mendapat tegangan tinggi.
Perhatikan juga bahwa jika lapisan logam lithium baterai terus menerima arus, itu akan menyebabkan baterai menjadi tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan baterai smartphone membengkak atau meledak jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama.

Disarankan untuk mengisi daya ponsel cerdas 30-80% untuk menjaga voltase tetap rendah dan dengan demikian memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas. Tertarik mencoba cara merawat baterai ponsel Samsung, Xiaomi dan lainnya? Dengan mengambil pendekatan yang tepat untuk memperpanjang masa pakai baterai HP Anda, Anda dapat memastikan ponsel cerdas Anda tetap terjaga dan bertahan lebih lama.

Originally posted 2022-05-14 21:06:58.

Leave a Reply

Your email address will not be published.