suka membaca
suka membaca

Tips Mengajarkan Anak Membaca

Membaca adalah salah satu keterampilan yang paling penting. Karena, setiap mempelajari sesuatu pasti membutuhkan keterampilan membaca. Oleh karena itu, kemampuan membaca harus dipupuk pada anak sejak dini.

Belajar membaca secara fundamental juga memiliki banyak manfaat positif bagi tumbuh kembang anak. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca dan komunikasi, tetapi juga membantu menumbuhkan kreativitas dan merangsang imajinasi anak-anak. Selain itu, mengajar anak membaca membangun ikatan antara orang tua dan anak.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak Anda membaca, seperti 7 cara membaca yang menyenangkan:

1. Selalu membacakan untuk anak-anak
Ketika anak Anda belum mengetahui huruf-hurufnya, Anda bisa membacakan buku untuknya setiap malam sebelum ia tidur. Kebiasaan ini akan menjadi cara untuk mengajarkan anak membaca.

Anda dapat membacakan dongeng untuk anak-anak. Sebab, membaca dongeng akan membantu anak meningkatkan pengetahuan dan daya ingatnya. Selain itu juga dapat mengembangkan potensi kreatif anak. Nah, ketika Anda membacakan dongeng untuk anak Anda, rasa ingin tahu anak Anda akan meningkat. Tidak hanya itu, metode ini juga akan mengembangkan kemampuan anak untuk berani bertanya atau mengemukakan pendapat.

2. Baca dengan keras
Membaca nyaring untuk anak-anak dianggap sebagai cara yang menyenangkan untuk belajar membaca. Anda juga bisa melakukan ini karena bayi masih dalam kandungan.

Anda hanya perlu mengambil buku dan membacanya keras-keras. Saat membaca nyaring, nada dan ekspresi sangat penting. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman membaca yang menyenangkan bagi anak-anak.

Nah, ketika anak sudah bisa diajak komunikasi yang baik, kegiatan membaca nyaring harus interaktif. Salah satunya melibatkan anak dalam penggunaan berbagai kata. Kemudian. Di akhir pelajaran, Anda juga dapat mendorong anak Anda untuk menceritakan kembali isi buku yang telah mereka baca sebelumnya.

3. Minta anak untuk memilih bukunya sendiri
Buku pilihan Anda sendiri mungkin belum tentu menarik minat anak Anda. Oleh karena itu, lebih baik bagi anak-anak untuk memilih buku yang ingin mereka baca. Membaca buku kesukaannya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena anak-anak akan semakin penasaran dan antusias.

Namun, awasi buku yang dipilih anak Anda. Jika anak Anda memilih buku cerita atau buku fiksi, sebaiknya Anda membaca outline terlebih dahulu untuk mengecek isi buku tersebut. Kemudian, jika anak Anda memilih buku non-fiksi, pastikan informasi dalam buku tersebut akurat. Yang terbaik adalah memilih buku yang dapat memperbarui informasi secara tepat waktu, sehingga anak-anak mendapatkan pengetahuan terbaru.

4. Instruksikan anak untuk membaca teks apa pun yang dia temukan
Membiarkan anak-anak mengenali berbagai kata dapat menginspirasi anak-anak untuk membaca kata apa pun yang mereka temukan. Kegiatan membaca yang lebih sering, bahkan untuk waktu yang singkat, dapat menjadi permainan singkat yang menyenangkan bagi anak-anak.

Banyak teks-teks luar ruang dapat ditemukan, misalnya dari spanduk, selebaran, poster, bahkan dari rambu-rambu jalan dan pusat perbelanjaan.

5. Buat permainan kata
Membuat permainan kata merupakan cara praktis untuk mengajarkan anak membaca. Pilih permainan yang fokus pada mendorong anak untuk mendengarkan, mengidentifikasi dan meniru suara dalam kalimat atau kata-kata.

Anda juga dapat mencoba membuat kartu kata, memotong kartu pendek dan menulis kata-kata sederhana di atasnya. Kemudian, mintalah anak-anak memilih sebuah kartu dan membaca kata-katanya bersama.
6. Biasakan membaca

Membaca merupakan kegiatan yang membutuhkan kebiasaan. Jika anak dibiasakan membaca sejak kecil, kebiasaan tersebut akan berlanjut hingga dewasa.

Anda dapat membangun kebiasaan membaca dengan membaca secara teratur di depan anak Anda atau dengan mengajak anak Anda untuk membaca bersama. Membaca bersama anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang di sore hari.

7. Baca pengenalan lingkungan

Cara mengajarkan anak membaca selanjutnya adalah dengan mengenalkan anak pada lingkungan membaca. Caranya, Anda bisa membuat pojok baca di rumah. Ini berisi buku-buku favorit seluruh keluarga.

Anda juga dapat membawa anak-anak Anda ke perpustakaan atau bahkan ke toko buku. Di tempat ini, anak-anak akan tertarik untuk membaca dan mengeksplorasi banyak buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.